Friday, December 19, 2008

Kenapa orang Amerika berjabat tangan saat bertemu???


Kenapa ya orang Amerika berjabat tangan dan saling memeluk saat bertemu? Mmmm... sebagian orang mungkin pernah berpikir tentang hal ini. Tapi, sebagian lagi mungkin sama sekali nggak pernah terpikir tentang hal ini. Memang sih, kelihatannya sederhana. Bahkan pernah ada yang ‘nyeletuk’ : “Untuk apa hal itu ditanyakan? Nggak penting!”
Tapiiii... untuk orang-orang yang rasa ingin tau-nya selalu meledak-ledak, mungkin hal ini menjadi hal yang menarik untuk diketahui.

Selidik punya selidik, ternyata hal ini berhubungan dengan sejarah. Menurut Kazutoshi Fukumoto, kebiasaan orang Amerika yang selalu berjabat tangan dan saling memeluk saat bertemu disebabkan karena begitu luasnya tanah Amerika dan mereka menjadi pionir yang membuka lahan luas tadi. Satu sama lain tinggal berjauhan, sehingga saat mereka bertemu, mereka saling berjabat tangan dan memeluk untuk melepas rindu.

Hal ini justru berkebalikan dengan keadaan dan kebiasaan orang Jepang. Satu sama lain tinggal berdekatan, karena luas negara Jepang yang tidak seberapa, jadi saat mereka bertemu, mereka hanya saling membungkukkan badan. Toh mereka bisa bertemu dengan siapapun dan kapanpun di negaranya yang tidak terlalu luas itu.

0 comments: