Friday, December 19, 2008

Pesona Jepang

Wow, sepertinya ada daya tarik dan sensasi tersendiri mengucapkan kata ini. Sebagai Japan lover, bukan berarti aku nggak cinta Indonesia loh! Aku hanya kagum, negara yang satu ini bisa begitu mudah bangkit setelah perang dunia ke-II. Mungkin semua ini karena semangat dan watak orang Jepang yang selalu bekerja keras kali ya...

Mengucapkan kata Jepang, aku jadi bingung sendiri mau ngomong apa. Banyak hal yang ingin aku ulas tentang negara yang satu ini. Tapi yang jelas, negara dengan peralatan hi-tech ini sebenarnya masihlah negara dengan masyarakat tradisional yang hierarki sosial, dan seperti yang aku sebutkan di awal, pekerja keras. Namun sayangnya, karena pengaruh budaya barat, kebanyakan remaja dan generasi muda Jepang membuat tekanan terhadap tradisi-tradisi Jepang yang sudah dipelihara sejak dulu. Mereka cenderung lebih bisa beradaptasi dengan budaya luar daripada dengan budayanya sendiri. Yaaa, nggak jauh berbeda sama Indonesia-lah... Bukannya budaya barat dibilang lebih gaul dan lebih in daripada budaya sendiri? ^_^

Tapi, yang membuat remaja Jepang tetaplah orang Jepang adalah sifat ulet yang sejak dulu diturunkan nenek moyangnya. Meski mereka cenderung mengikuti budaya barat, tapi mereka tetap memiliki watak orang Jepang ; pekerja keras, bertanggung jawab, dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu. Agaknya inilah yang harus dijadikan contoh oleh semua remaja Indonesia. Bener nggak?

0 comments: